HUMAS

MEWUJUDKAN SMP 1 SUKOREJO SEBAGAI SSN MANDIRI

YANG MEMBANGGAKAN

Rabu, 6 Januari 2010 adalah sebuah hari yang sangat bersejarah buat SMP 1 Sukorejo Kendal dan sebagaian hari bersejarah buat kami.  Hari itu di laksanakan serah terima jabatan secara formal dari Kepala Sekolah lama Djatmiko, S.Pd kepada kami sebagai penggantinya . Sutadi lulusan SMP 1 Sukorejo tahun 1986

Bagi kami SMP 1 Sukorejo adalah satu dari bagian tak terlupakan perjalanan hidup yang pernah kami jalani. Tgl 16 Juli 1983 kami pertama kali tercatat sebagai siswa di sekolah ini, beberapa Bapak Ibu guru yang pernah menjadi wali kelas kami P Yusuf Hananto ( pindah di Karanganyar), Bu Ani Pudiastuti, Bu Arfati, P Ant Sidi Pramono terakhir almarhum P Sukendro. Disekolah ini pula kami pernah bersekolah bareng dengan P Komari, P Mimbaryo, P Muhadi, Bu Eni Nurhayati yang sekarang berada satu korp sebagai guru karyawan SMP 1 Sukorejo.

Sepenggal kenangan itu kembali terulang dalam situasi yang berbeda tetapi dalam konteks yang sama yaitu membangun SMP 1 Sukorejo.

Dalam sejarahnya SMP 1 Sukorejo selalu diperhitungkan di tingkat Kabupaten. SMP ini adalah SMP yang pertama masuk program SSN di Kendal. Bahkan jika lahan memungkinkan sekolah ini bisa masuk kategori RSBI. Saat ini sekolah ini telah tercatat sebagai salah satu SSN Mandiri.

Bertitik tolak dari kondisi inilah ketika kami di beri amanah menjadi Nahkoda SMP 1 Sukorejo maka ada sebuah keinginan kami untuk mewujudkan SMP Ini sebgai SSN Mandiri Yang Membanggakan.

Ditembok sekolah ini terpampang visi mulia sekolah untuk mewujudkan generasi cerdas yang berahlak mulia. Sebuah dasar yang telah diletakkan para pendahulu kami seperti P Abunazar, P Darsono, P Agus Rifai, P Ramin Suyitno, P Djatmiko. Ketika kami coba jabarkan  visi ini dalam aktivitas nyata maka semua ini kami mulai dari memakmurkan MUSHOLLA  sekolah bagi siswa mUslim dan kegiatan keagamaan lain bagi siswa non muslim. Generasi berahlak mulia hanya bisa dibangun melalui pengamalan ajaran agama dalam praktek keseharian bukan dengan menghafalkan teori keagamaan.

Bagian kedua penjabaran visi itu adalah pengelolaan sekolah yang akuntabel , proporsional dan transparan. Hal ini telah di letakkan dasar-dasarnya oleh kepala sekolah sebelumnya sehingga kami tinggal melanjutkannya. Ketika pengelolaan sekolah itu memberikan berkah bagi semua yang bernaung di dalamnya betapa senang dan bangganya kita sebagai warga di dalamnya.

Bagian ketiga , optimalisasi prestasi akademik siswa melalui pelaksanaan KBM yang menyenangkan bagi guru, karyawan ,siswa dan orang tua

Bagian ke empat, optimalisasi Teknologi Informasi guna menunjang pengembangan pembelajaran SMP 1 Sukorejo. Mungkin para kepala sekolah pendahulu kami akan bangga bisa melihat perkembangan SMP kita walau hanya lewat dunia maya.http://smp1sukorejo.wordpress.com. Sesuatu yang dulu bagi kami tak terbayangkan, saat ini akan kami optimalkan bersama tim TI sekolah ( Mas Siswanto dkk).

Keempat hal itu akan kami jadikan pilar untuk pengembangan SMP kita tercinta. Kami yakin dengan Doa, Usaha, Iman dan Taqwa akan dapat kita wujudkan semua itu . SSN Mandiri Yang Membanggakan . Mulai dari yang kecil, mulai dari diri sendiri, mulai dari sekarang.

( Ditulis sebagai pengantar Edisi perdana 2010 aktivasi web sekolah:https://smp1sukorejo.wordpress.com: Kepala sekolah,  Sutadi)